Sabtu, 10 Maret 2012

FAKTOR PENUNJANG PRODUKTIVITAS LAYER

Salah satu tujuan utama dalam peternakan unggas terutama layer adalah pencapaian produksi telur yang optimal. Namun kadangkala ada saja kendala yang menghadang dalam pencapaian produksi yang optimal.
Ada beberapa faktor yang perlu dikaji bilamana pencapaian produksi telur pada layer tidak bisa maksimal, atau bila sudah maksimal akan tetapi produksi yang dihasilkan tiba-tiba merosot dengan cepat atau tajam. Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi peternak karena peternak akan mengalami kerugian yang sangat besar.
Beberapa faktor tersebut adalah :

  • Pakan
Pakan memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup ternak dan produktivitas ternak itu sendiri. pakan ternak yang baik adalah pakan yang kandungan nutrisinya mampu untuk memenuhi kebutuhan untuk melangsungkan hidup ternak tersebut dan untuk proses produksi. yang tak kalah pentingnya pakan jangan sampai terkontaminasi oleh bibit penyakait atau jamur.
  • Kondisi lingkungan
Kondisi lingkungan juga mempunyai peranan penting untuk pencapaian produksi telur yang optimal. Sebaiknya kondisi lingkungan kandang diciptakan untuk kenyamanan ternak yang kita pelihara. Suhu, kelembabaan, pencahayaan, dan sirkulasi udara di dalam kandang mutlak harus diperhatikan agar layer yang kita pelihara mendapatkan kenyamanan di dalam kandang.
  • Kualitas ayam
Kualitas ayam disini yang pelu diperhatikan adalah kwalitas starter, kwalitas grower. dan kwalitas layer itu sendiri. Pada masa tahapan-tahapan usia ayam tersebut sangat memerlukan perhatian dan tindakan yang tepat agar supaya produksi telur yang dihasilkan bisa optimal
  • Stress
Sebisa mungkin layer dijaga jangan sampai stres, karena stres memicu berkurangnya kesehatan dan kekebalan tubuhnya berkurang. Sehingga berbagai penyakit akan mudah menginfeksi. Yang perlu diwaspadai jangan sampai terjadi infeksi virus. Ada beberapa virus yang dapat menurunkan produksi telur. Yang paling saring terjadi adalah infeksi dari virus IB, ND, AI dan EDS.

Bila semua faktor tersebut dapat terpenuhi maka dapat dipastikan layer akan sehat dan produksi yang dicapai bisa optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar