Jumat, 09 Maret 2012

PENTINGNYA BIO SECURITY

Biosecurity adalah hal yang sangat penting dan tak bisa dipisahkan dari tujuan pencapaian produksi yang maksimal dalam sebuah peternakan terutama peternakan unggas khususnya layer. Karena pada peternakan unggas terutama layer penyakit infeksius virus sangat tinggi, maka dibutuhkan sistem biosecuriti yang tepat untuk mengurangi penyakit infeksius dari virus untuk menanggulangi resiko kerugian yang besar dari para peternak.
Biosecuriti pada peternakan unggas terdiri dari 2 elemen penting yang tak bisa dipisahkan.2 elemen penting tersebut adalah :
  • BIO- KONTAIMEN
Bio kontaimen adalah pencegahan agar ternak unggas terutama layer terhindar dari infeksi virus. Dengan keberhasilan pengendalian virus yang berada dilapangan maka kemungkinan ternak unggas terutama layer akan terhindar dari penyakit infeksi virus sehingga kerugian bagi peternak dapat diminimalisir dan peternak dapat menghemat biaya untuk membeli obat-obatan.
  • BIO-EKSLUSI
Bio ekslusi adalah pencegahan agar virus yang sudah menginfeksi tidak menyebar atau menular ke unggas lain. Hal ini dapat mencegah kerugian yang lebih besar yang harus ditanggung oleh peternak.

Pada peternakan unggas terutama layer penerapan bio securiti yang tepat pada garis besarnya mempunyai tujuan sebagai berikut

  1. meminimalasir keberadaan bibit penyakit.
  2. meminimalisir agen penyakit untuk berhubungan dengan induk semangnya
  3. meminimalisir agen penyakit seminimal mungkin
  4. mencegah penularan penyakit dari peternakan tertular dan mencegah penularan penyakit
Meskipun biosecuriti bukan satu-satunya cara untuk pencegahan suatu penyakit, tetepi bio sekuriti merupakan prajurit pertama dalam pencegahan ataupun pengendalian penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar