Kamis, 24 Januari 2013

PERAWATAN ANIS MERAH MABUNG

Masa mabung atau biasa disebut moulting adalah hal biasa pada unggas tidak terkecuali pada burung. Mabung atau moulting adalah masa pergantian bulu tua yang akan digantikan dengan bulu muda. Pada masa ini khususnya pada burung sangat membutuhkan perhatian yang sangat serius khususnya
pada burung ANIS MERAH.
Pada masa ini kebutuhan protein lebih besar kira-kira 25% lebih besar dari biasanya, dan diperlukan asam amino dalam kadar seimbang atau proposional. Bulu dan selongsong bulu terdiri dari 90% protein yang disebut keratin.Burung harus mendapatkan asupan makanan yang lebih banyak dan komplek kandungan protein dan asam aminonya. Kemudian tubuh burung akan menyerep lebih banyak protein dan asam amino untuk dirubah menjadi keratin untuk kelangsungan proses pergantian bulu. Burung juga memerlukan lebih banyak energi untuk mendapatkan protein. Keperluan energi pada masa mabung sekitar 2.5 kali dari biasanya. Hal yang paling utama adalah pada saat burung mabung harus mendapatkan suplai nutrisi makanan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulunya sesempurna mungkin, dan masa mabung bisa dilewati dengan sempurna.
Walaupun masa mabung adalah hal yang normal bagi burung, akan tetapi ada beberapa hal yang dapat mengganggu masa mabung tersebut. Misalnya pertumbuhan bulu tidak sempurna atau ada bulu yang tidak rontok atau sekedar nyulam. Hal-hal yang dapat mengganggu proses mabung tersebut adalah:
  • PENYAKIT.  Ada beberapa penyebab penyakit yang dapat mempengaruhi proses mabung. daiantaranya penyakit yang disebabkan oleh virus (virus circovirus dan virus polyoma). Penyakit yang disebabkan adanya infeksi pada usus yang menyebabkan bulu sulit tumbuh, dan adanya parasit yang membuat bulu rusak.
  • GIZI BURUK.  Seperti yang telah digambarkan diatas burung sangat memerlukan asupan gizi yang cukup pada saat melalui masa mabung. Kekurangan gizi dapat menyebabkan pertumbuhan bulu yang tidak baik seperti: bulu rapuh atau mudah patah, kusam, atau melintir.
  • STRESS.  Stress dapat menyebabkan pertumbuhan bulu menjadi tidak sempurna.
  • ZAT KIMIA.  Zat kimia yang sering dipakai untuk pembasmi cacing (mebendazole) sangat mempengaruhi pergantian bulu pada masa mabung.
Jadi yang perlu kita perhatikan dalam masa mabung  adalah : kita harus yakinkan bahwa burung kita tidak sedang terinfeksi virus, bakteri ataupun parasit yang dapat berpengaruh buruk pada saat masa mabung. Selanjutnya memberikan pakan yang berkualitas sehingga tercukupi semua asupan gizinya sehingga masa mabung dapat dilalui dengan baik dan pertumbuhan bulu akan sempurna.
Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar